Arrow

MENUJU RIAU 1//////////////////////////////

MENUJU RIAU 1//////////////////////////////


Gubernur Riau Resmikan Jembatan Teluk Mesjid

Posted by Unknown ~ on ~ 0 comments





Diberi Gelar Sultan Abdul Jalil Rachmadsyah

Sungai Apit, (Global)

Gubernur Riau Dr (Hc) HM Rusli Zainal SE, MP meresmikan  jembatan  Sultan Teluk Mesjid yang diberi nama Abdul Jalil Rachmadsyah, Jumat (14/12).

Turut Hadir pada peresmian jembatan tersebut, Bupati Siak Drs H Syamsuar Msi., Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri Msi dan Bupati Se Provinsi Riau serta Muspida, tokoh adat serta masyarakat di Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Sambutan Kadis PU Siak Irving Kahar dalam acara peresmian itu, dalam pengembangan wilayah Kabupaten Siak, Provinsi Riau yang pada saat ini sedang dilakukan tentu  dibutuhkan sarana dan prasarana tranportasi yang memadai kuhusnya tranportasi darat. Dan pada kondisi geogarfis Provinsi Riau yang terdapat banyak sungai menyebabkan pembangunan tranportasi darat menjadi terhambat, akibatnya lalu lintas darat menjadi terbatas karena masyarakat banyak memilih tranpotarsi sungai, maka pengembangan jalan dan jembatan merupakan persyaratan mutlak dilaksanakan, terang Irving Kahar.

Diteruskannya, pembangunan Jembatan Sultan Abdul Jalil Rachmadsyah termasuk dalam rencana tata ruang nasional yang berada dalam kawasan keluar masuknya barang yang merupakan bagian dalam sistem jaringan jalan Provinsi Riau, dan jelas  memperpendek jarak dan waktu tempuh antara pelabuhan yang membentang pada ruas Jalan Buton- Sei Pakning- Dumai - Batas Sumut. Ruas jalan tersebut merupakan suatu sistem jaringan darat Pesisir Sumatera yang berada dalam rencana tata Ruang Nasional,lanjutnya lagi.

Dirincikan Kadis PU Siak itu,  panjang total Jembatan Sultan Abdul Jalil Rachmadsyah ini sekitar 1650 meter, bentangan utama Rangka Baja Pelengkungan 430 m (90+250+90), bentangan pendek 1220 m, stell Box Girder 810 m ( 18 x 45 ), pile slab 410 m (75+235) dan lebar lalu lintas 9 m ( 2 jalur ) serta ruang navigasi yaitu vertikal clearance 23 m sedangkan horizontal clearance 250 m. Dan total biaya pembangunan Jembatan Sultan Abdul Jalil Rachmadsyah adalah Rp 359.564.964.842 milyar yang merupakan sharing  APBD Provinsi Riau sebesar 70 % dan APBD Kabupaten Siak 30 %.

Sementara itu Bupati Siak Drs Syamsuar Msi dalam pidatonya,  mengajak masyarakat untuk  bisa memanfaatkan  jembatan ini dengan sebaiknya sehingga lebih bermanfaat untuk meningkatkan kegiatan ekonomi maupun sebagai sarana dan prasarana untuk bepergian secara lebih cepat, lebih mudah dan lebih murah. Selain itu, Bupati Siak itu juga mengajak agar masyarakat dapat sama-sama menjaga dan memelihara jembatan tersebut.

.
Dan Gubernur Riau HM Rusli Zainal  menyampaikan,  bahwa dengan dibangunanya Jembatan Sultan Abdul Jalil Rachmadsyah ini merupakan komitmen pemerintah dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan aksebilitas dan mobilitas masyarakat dalam melewati ruas jalan yang terbelah oleh Sungai Siak ini.

Selain itu, pembangunan jembatan ini juga dapat memberikan kontribusi terhadapat pemberantasan kemiskinan dan peningkatan perekonomian serta kesejahteraan bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Siak dan Propinsi Riau pada umumnya, terang Rusli Zainal..

Dalam kesempatan itu Pemerintah Provinsi Riau melalui Gubernur Riau HM Rusli Zainal menyerahkan   bantuan mobil ambulan ekitar 15 (lima belas) unit untuk didaerah se Kabupaten Siak. Diharapkan, dengan adanya mobil-mobil ambulan ini bisa masyarakat cepat dalam mengatasi orang yang sakit agar tidak terlantar terlalu lama, harap Rusli Zainal.  ( In)


Related Posts

No comments: