Arrow

MENUJU RIAU 1//////////////////////////////

MENUJU RIAU 1//////////////////////////////


10 Orang Calon KIP Diseleksi DPRD Riau

Posted by Unknown ~ on ~ 0 comments



Pekanbaru,(Global)
Sepuluh (10)  orang calon anggota Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Riau sudah dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and propertest) oleh 7 orang Komisi A, DPRD Riau.

Dari 10 orang tersebut, bakal di SK kan sebanyak 5 orang sesuai rangking sebelum akhir tahun ini, demikian disampaikan Ketua Komisi A DPRD Riau  Masnur kepada wartawan, Senin (10/12).

Disampaikan Masnur,  pihaknya sedang melakukan rekapitulasi nilai uji kelayakan dan kepatutan. Dimana kami diminta waktu  1-2 hari untuk melakukan pengumuman dari 10 orang tersebut.

"Kita tidak berlama-lama. Sehari atau 2 hari ini segera kita umumkan. Mau saya segera diumumkan hasilnya, tetapi kita harus antarkan dulu hasil ini kepimpinan dewan (ketua DPRD Riau,red). Sebab, bulan Desember ini juga sudah harus di SK kan Gubernur, terangnya lagi.

Dijelaskannya, 10 orang yang telah diuji tersebut berdasarkan kuota yang disampaikan Pemprov Riau melalui Dinas Kominfo. Sedangkan materi uji kelayakan dan kepatutan berkisar pada kemampuan, kemandirian, kapabilitas dan trackrecord calon anggota.

"Tes ini murni, tidak ada unsur nepotisme. Buktinya kita melakukan tes terbuka untuk publik. Jadi, materi tes berkisar pada kemandirian mereka, kapabilitas, kemampuan serta trackrecordnya,"kata  Masnur lagi.

Lanjutnya, dari 10 orang tersebut, hanya 5 orang yang dilantik, sedangkan 5 orang lagi sebagai cadangan bilamana halangan dari anggota yang telah di SK-kan.

"Bisa saja diantara 5 orang yang di SK kan bulan ini mempunyai halangan tertentu, sehingga 5 orang lainnya nanti yang akan menjadi PAW mereka,"tambahnya.

Untuk itu Masnur juga berharap dengan terbentukan KIP provinsi Riau ini, merupakan angin segar untuk menjaga transparansi dan kontrol informasi publik. KIP untuk tingkat kabupaten/kota juga bisa dibentuk nantinya.

Saat ditanya berapa anggaran di APBD 2013, Masnur mengaku telah dianggarkan sebesar Rp 2,23 miliar."Ya, anggaran untuk tahun baru kita masukkan sebesar Rp 2,23 miliar. Tahun berikutnya nanti bisa kita sesuaikan,"tambahnya.

Sementara itu, Kadis Dekominfo Provinsi Riau, Ahmad Syahrofi  ikut memantau selama komisi A, DPRD Riau melakukan fit and propertest.

Disampaikan Ahmad Syahrofi,  10 orang yang diantarkannya kedewan, terdiri dari 3 unsur pemerintah dan 7 unsur masyarakat. "Komposisi sepenuhnya diserahkan kepada Komisi A, DPRD,"katanya.

Sebelumnya, 10 orang tersebut sudah melalui prosedur pembentukan KIP. Dari masyarakat 33 orang unsur masyarakat tambah 3 orang unsur pemerintah, dikerucutkan menjadi 10 dengan tahapan seleksi.
Dia juga  berharap, bulan ini dapat dikukuhkan. "Tolong dibantu, proses ini kita kawal bersama.
"Saya berharap akan bisa diselesaikan dan dikukuhkan bulan ini,"tutupnya.

Data tambahan, 10 0rang yang telah melakukan fit and propertest itu adalah Budi Candra, Hendri Yanhar, H. Yusmar Umar, H. Taslim, Indi Rahman, Mahyudin Yusdar, Marbaga Tampubolon, Said Dahlani Yahya dan Tedi Boy.(ly)


Related Posts

No comments: