Arrow

MENUJU RIAU 1//////////////////////////////

MENUJU RIAU 1//////////////////////////////


Pelatihan Kerajinan Bagi Pengrajin Batik Siak

Posted by Unknown ~ on ~ 0 comments


Siak,(Global)
Pengrajin batik di  Kabupaten Siak mendapat kan perhatian oleh Pemerintah Daerah, hal ini terbukti dengan diadakannya pelatihan Kerajinan batik untuk home industri oleh Dinas Koperasi Provinsi Riau yang difasilitasi Dinas Perindusterian dan perdagangan (Perindag) Koperasi UMKM Kabupaten Siak,Senin (5/11) kemarin yang dilangsungkan di Hotel  Wina Ria.

Pada pertemuan itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Riau, Raja Indra Bangsawan dalam sambutannya mengatakan bahwa, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengrajin batik. Diharapkan setelah pelatihan dilakukan Kabupaten Siak memiliki motif batik dengan ciri khas tersendiri.
Kemunculan ciri khas batik daerah merupakan suatu kebanggaan, dengan itu batik daerah memiliki nilai tersendiri, sehingga pemasaran pun mudah dilakukan.

Dalam penyampaiannya, Raja Indra Bangsawan juga menyebutkan, dipilihnya Kabupaten Siak untuk mendapatkan pelatihan ini karena di Siak sudah ada pengrajin batik dan perlu dikembangkan supaya batik Siak ini dikenal sampai mancanegara.

"Kita memilih Kabupaten Siak karena Siak memiliki nilai sejarah yakni Kerajaan Siak, selain itu pengrajin siak juga sudah ada sejak dulu dan keberadaannya kini perlu dikembangkan,”ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri Msi mengatakan, dengan bangganya, bahwa  terpilihnya Kabupaten Siak untuk dijadikan tempat pelatihan bagi pengrajin batik.  Diantara seluruh kabupaten se Riau hanya dua kabupaten yang mendapatkan pelatihan buat pengrajin batik, dan salah satu adalah Kabupaten Siak.paparnya.

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Siak Alfedri berpesan,  agar pengrajin batik Siak mampu menciptakan batik dengan motif khas Siak karena  Siak merupakan tempat yang memiliki nilai sejarah yakni Kerajaan
Siak. Dimana pada masa kerajaan pengrajin batik sudah dikenal ada. Maka itu dari itu pengerajin batik dapat mengukir motif  dari corak batik  nilai sejarah tersebut,pintanya lagi,(In)


Related Posts

No comments: