Arrow

MENUJU RIAU 1//////////////////////////////

MENUJU RIAU 1//////////////////////////////


2013, Program Highway Dibangun di Bangkinang

Posted by Unknown ~ on ~ 0 comments



Sepanjang 2 KM untuk Habiskan Anggaran Rp  40 Milyar 

Pekanbaru,(Global)
Untuk mengatasi arus lalu lintas yang semakin padat akses Riau-Sumbar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU), telah merencanakan membangun jalan raya bebas hambatan (highway). Jalan tersebut menghubungkan Pekanbaru-Danau Bingkuang, Kabupaten Kampar.

Disampaikan Kepala Dinas (Kadis) PU Riau, SF Hariyanto, Kamis (22/11), di ruang komisi C gedung Lancang Kuning, pembangunan Highway tersebut direncanakan tahun 2013 mendatang dengan panjang 2 Km untuk anggaran Rp 40 miliar.

Disampaikan Kadis PU Riau itu, Detailed Engineering Design (DED) sudah ada, tinggal menyusun rencana pembangunannya saja.

"Jalan highway ini sangat perlu, mengingat jalur Pekanbaru-Danau Bingkuang ini sangat padat dilewati oleh
kendaraan. Tanpa jalan raya bebas hambatan ini, kita tidak akan pernah berkembang, karena semua daerah telah membuktikannya,"terang SF Hariyanto dihadapan anggota Komisi C DPRD Riau.

Menyangkut  dengan pembebasan lahan, kata SF Hariyanto, sudah tidak ada masalah. Pihaknya telah membebaskan lahan yang akan terkena jalur pembangunan highway tersebut, karena jauh-jauh hari Dinas PU telah mempersiapkannya.

Lebih lanjut, dikatakannya,  untuk lebarnya direncanakan masing-masing 10 meter. Dibangun dua jalur, dengan pembatas jalan selebar 80 centimeter. Sehingga, dengan adanya highway ini maka jalur Pekanbaru-Dumai dipastikan akan lancar. Apalagi saat-saat tertentu, seperti Hari Raya Idul Fitri.

"Jalur ini merupakan lintas provinsi, jadi banyak dilintasi oleh kendaraan baik Sumatera maupun Jawa. Apalagi ketika jalur mudik. Melalui highway ini, kita pastikan jalur ini lancar,"lanjut Kadis PU Riau itu lagi.

Sementara itu, ketua Komisi C DPRD Riau, Azis Zainal, membenarkan rencana pembangunan highway tersebut. Ditegaskan Azis Zainal, Komisi C DPRD Riau sangat mendukung pembangunan highway ini, karena dengan adanya jalan raya bebas hambatan ini bisa memperlancar jalur Pekanbaru-Danau Bingkuang. sebab. selama ini jalur tersebut kerap sekali terjadi kemacetan. Apalagi, dalam waktu-waktu tertentu. Seperti, musim mudik.

"Ya, kita mendukung sekali pembangunan highway ini. Karena, memang sudah sangat dibutuhkan. Apalagi, di seluruh provinsi di Indonesia sudah membuktikannya,"ujar Politisi PPP ini.(Lny)


Related Posts

No comments: