Arrow

MENUJU RIAU 1//////////////////////////////

MENUJU RIAU 1//////////////////////////////


Dewan Minta Aparat Diminta Tingkatkan Fungsi Inteligen

Posted by Unknown ~ on ~ 0 comments

Maraknya Perampokan di Pekanbaru

Pekanbaru,(Global)
Menanggapi persoalan aksi pembunuhan yang dinilai telah meresahkan masyarakat atau kasus kriminalitas seperti perampokan dan sebagainya yang kerap terjadi di Pekanbaru mendapat tanggapan serius dari  Anggota Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, Yose Saputra.

Kepada wartawan, Yose Saputra,  Senin (02/07) kemarin mengatakan, perlu ada tindakan tegas dari pihak kepolisian untuk memberantas kejahatan yang marak terjadi saat ini. Artinya pengawasan yang dilakukan pihak kepolisian tidak terlepas dari sejauh mana profesional aparat dalam melakukan antisipasi terhadap aksi yang meresahkan masyarakat tersebut.

"Fungsi Inteligen aparat kepolisian yang harus ditingkatkan untuk hal ini, karena untuk mengantisipasi bentuk perampokan yang marak terjadi saat ini, itu yang perlu. Sebab, inteligen merupakan bentuk pengamanan paling penting dalam upaya penindakan aparat kepolisian."Ungkap Yose Saputra saat di jumpai diruang fraksi Golkar kemarin.

Dikatakannya   lagi,   polisi memang telah memiliki kemampuan dalam hal inteligen, tetapi itu  harus bisa difungsikan lebih baik lagi. Karena aksi perampokan yang berturut-turut terjadi ini menunjukan lemahnya inteligen tersebut.

"Polisi kita nilai ahli dalam hal melakukan pencegahan, penanggulangan kriminalitas serta ahli dalam melakukan penyelidikan dan penyidikan, maka kedepannya hal ini harusnya tidak terjadi kembali, jika ini masih terjadi tanpa ada ketakutan dari pelaku, kita menilai jika fungsi intelijen di tubuh polisi harus dibenahi,"tegas Politisi Golkar Pekanbaru itu lagi.

Selain itu dikatakan lagi, bagi masyarakat tentunya juga perlu pengawasan dilingkungan. Artinya dalam hal ini polisi harus melibatkan masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminalitas.

"Kita tahu kejahatan sifatnya insidentil sehingga peran serta masyarakat juga dibutuhkan untuk memperkuat keamanan di satu wilayah."lanjutnya lagi.

Selain itu, seharusnya pihak kepolisian juga sudah dapat mengsosialisasikan peta rawan kejahatan dikawasan Kota Pekanbaru ini, Sebab keberadaan peta ini bisa menjadi acuan masyarakat agar lebih waspada saat berada dikawasan itu, pinta Yose.

Lagi pula, untuk saat ini fokus utama terhadap kejadian pembunuhan yang kerap terjadi dan disangsikan juga aksi perampokan dan kriminalitas lainnya seperti yang terjadi baru-baru ini , Kata Yose perlu dilakukan pemecahan permasalahan ketika persoalan ini telah terjadi berulang-ulang, tentunya dengan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, antara kepolisian dengan masyarakat, terutama ditubuh Polri sendiri, karena aksi pembunuhan yang terjadi dianggap merupakan kejadian yang pasti akan kerap sesuai dengan perkembangan penduduk di Kota Pekanbaru sehingga jika tanpa antisipasi maka dikhawatirkan Pekanbaru akan menjadi wilayah rawan terjadi aksi kriminalitas seperti perampokan dan pembunuhan.

"Koordninasi tentunya juga perlu, karena sejauh ini pengawasan yang dilakukan sangat kurang, agar aksi kriminalitas dan semacamnya seperti perampokan dapat diminimlaisir. karena juga telah banyak kasus tindak kejahatan yang belum terungkap hingga saat ini, maka dari itu bagi pihak kepolisian harus berupaya maksimal dan menjalani fingsi tersebut dengan baik, sehingga pengamanan yang diberikan dapat berjalan dengan baik, yakni inteligen yang lebih baik,pungkasnya.(Rgc-bi)


Related Posts

No comments: