Arrow

MENUJU RIAU 1//////////////////////////////

MENUJU RIAU 1//////////////////////////////


BKP3 Bengkalis Gelar Lomba Cipta Menu Pangan

Posted by Unknown ~ on ~ 0 comments

Bupati  Erlian Saleh : “Label Halal Jangan Lupa”
Teks Foto, Bupati Bengkalis H. Herliyan Saleh hadiri kegiatan lomba cita menu pangan beragam yang digelat Badan Ketahanan Pangan, Penyuluh Pertanian (BKP3) Kabupaten Bengkalis, Rabu (4/7) dan diikuti utusan dari seluruh Kecamatan se Kabupaten Bengkalis.
Bengkalis,Global)
Badan Ketahanan Pangan, Penyuluh Pertanian (BKP3) Kabupaten Bengkalis, Rabu (4/7) menggelar lomba Cipta Menu Pangan Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman (3B+). Lambo cipta menu dengan bahan baku selain beras dan trigu tersebut diikuti utusan dari seluruh kecamatan se Kabupaten Bengkalis.

Kepala Badan Ketahanan Pangan, Penyuluh Pertanian (BKP3) Kabupaten Bengkalis, H Herman Mahmud dalam sambutannya mengatakan, kegiatan lomba cipta menu pangan tersebut merupakan program rutin yang digelar setiap tahun. Hal itu bersempena dengan peringatan Hari Pangan se-Dunia.

“Kegiatan ini juga kita lakukan sebagai upaya peningkatan kualitas makanan masyarakat, terutama yang terbuar dari bahan baku selain beras dan terigu. Dan terpenting adalah, jenis makanan atau menu yang dihasilkan selain beragam, juga bergizi, berimbang dan aman,” ungkap  Herman.

Selain itu kata Herman, dari lomba cipta menu pangan tersebut, diharapkan para peserta bisa memanfaatkan hasil tanaman lokal yang ada di lingkungan terutama sekali pekarangan rumah.

 “Sejalan dengan hal itu, beberapa waktu lalu kami juga memberikan pelatihan terkait pemanfaatan pekarangan dengan tanaman yang menghasilkan,” ujar  Herman lagi.

Terkait dengan lomba cipta menu pangan tersebut, pihaknya telah mendatangkan dua dewan juri dari Pekanbaru, BKP3 Provinsi Riau, dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis serta Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis.

Di kesempatan yang sama, Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh menyambut baik kegiatan tersebut. hanya memang kata Herliyan, kedepan dirinya berharap kegiatan tersebut tidak hanya melibatkan PKK Kecamatan dan Kabupaten, akan tetapi cakupannya lebih luas lagi.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini. Tapi saya berkeinginan kegiatan ini bisa dilakukan atau digelar lebih luas lagi dengan melibatkan elemen masyarakat, kelompok-kelompok kuliner dan lainnya. Artinya, tidak kita-kita saja yang tahu cara pengolahan makanan selain beras dan trigu, yang lebih penting masyarakat secara luas mengetahuinya,” pinta Bupati.

BKP3,  kata Bupati Bengkalis, diharapkan bisa terus menyosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi makanan pokok selain beras. Hal itu katanya, bagian dari program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh pemerintah.

“Kebiasaan masyarakat kita, kalau belum makan nasi katanya belum makan, kendati dia sudah makan lontong atau nasi goreng. Tanpa kita sadari, ternyata kita telah kecanduan dengan beras. Kebiasaan seperti ini secara berangsur harus bisa kita rubah, dan saya harap BKP3 terus menyosialisasikan itu,” kata Erlian Saleh lagi.

Terkait dengan lomba cipta menu pangan tersebut, sebagai orang Islam Bupati juga berpesan agar menambahkan menu yang beragam, bergizi, berimbang dan aman dengan yang Halal. Karena kata Bupati, apalah artinya makanan tersebut bergizi dan sehat, jika ianya tidak halal.

“Hidup sehat merupakan dambaan bagi setiap individu, sebab hanya dalam kondisi sehat seseorang bisa berfikir cemerlang dan produktif. Akan tetap sebagai umat Islam, kita tentunya tidak bisa mengabaikan Kehalalan makanan itu sendiri,” pesan Bupati lagi.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan tentang pemanfaatan sumberdaya pangan lokal dan tentunya nor beras dan non terigu. “Dari kegiatan seperti ini, diharapkan mampu memperkenalkan makanan lokal kepada masyarakat luar, sehingga sumber daya pangan lokal dapat dikelola dan dinikmati secara luas,” ujar Bupati.(Rgc-di)



 


Related Posts

No comments: