Arrow

MENUJU RIAU 1//////////////////////////////

MENUJU RIAU 1//////////////////////////////


SMKN 2 PEKANBARU LAHIRKAN GENERASI MUDA BERKUALITAS

Posted by LKAR ~ on ~ 0 comments

SMK Negeri 2 Pekanbaru merupakan SMK Kelompok Teknologi tertua di propinsi Riau, yang telah berdiri sejak tahun 1959 sebagai sekolah swasta, dengan nama  STM KARYA BAKTI.   Pada tahun 1967 sekolah ini di jadikan sekolah negeri dengan nama STM NEGERI Pekanbaru, merupakan satu-satunya Sekolah Teknik Menengah Negeri di Propinsi Riau,    memiliki 3 jurusan yaitu Jurusan Bangunan, Mesin dan Listrik.
 
Nama  STM Negeri Pekanbaru bertahan sampai beberapa dekade, hingga  diganti dengan SMK Negeri 2 Pekanbaru di era 90-an,  yang saat itu memiliki 5 Jurusan, yaitu Teknik Bangunan, Mesin Produksi, Otomotif, Elektronika, dan Listrik.

Tahun 1996 sekolah ini dipecah menjadi 2 sekolah, Yakni SMK NEGERI 2 PEKANBARU yang beralamat di Jalan Pattimura No. 14 dengan 3 Jurusan, yaitu Teknik Mesin,  Otomotive, dan Bangunan, sementara SMK NEGERI 5 Pekanbaru yang beralamat di rumbai dengan 2 Jurusan yaitu Teknik Listrik dan Elektronika.

Pembagian sekolah menjadi 2 sekolah ini, belum dapat secara otomatis meningkatkan jumlah siswa yang di terima di SMK, karena kemampuan jurusan terutama dalam  peralatan dan guru kejuruan.  Jadi pada dasarnya daya tampung kedua sekolah itu sama dengan satu sekolah yang lama.
Karena Animo masyarakat untuk memasuki SMK meningkat dari tahun ketahun, maka SMK Negeri 2 Pekanbaru  perlahan-lahan menambah  Jurusan dan bidang keahlian yang memungkinkan, dengan pedoman dasar hasil Re Engineering yang dilaksanakan sekolah bersama dengan Bapeda Kota Pekanbaru.

Bidang Keahlian listrik kembali dibuka, dengan program keahlian Listrik Industri. Tahun-tahun berikutnya program kealian dan jurusan selalu dikembangkan hingga saat ini. SMK Negeri 2 Pekanbaru memiliki 9 Bidang Keahlian dengan 14 Program  Keahlian,  yang mulai tahun 2008 disebut Kompetensi Keahlian.
Tahun 2006 Program Keahlian Automotive mendapat predikat sebagai Sekolah Nasional Bertaraf Internasional, dengan program Keahlian Advance Automotive.  Akhir  tahun 2007  SMK Negeri 2 Pekanbaru Ditetapkan sebagai Sekolah Nasional Berstandard Internasional. Dengan demikian Seluruh program Keahlian yang ada disekolah ini diakui sebagai Sekolah. Berstandard Internasional.

Perkembangan berikutnya pada akhir 2008, diprogramkan  menjadi SMK SBI Model Invest ADB, kegiatannya dimulai tahun 2010 dengan tugas tambahan  membimbing 3 Sekolah Aliansi yang diharapkan 4 tahun kedepan telah menjadi sekolah berstandardf Internasional.

Selama lebih dari 3 dekade sejak sekolah ini dijadikan sekolah negeri, telah pernah dipimpin oleh 8 orang Kepala sekolah ditambah 3 orang Pelaksana Tugas Kepala Sekolah (PLT) yang dijabat mulai dari Kepala Bidang Dikmenjur,  Pengawas, hingga guru senior di sekolah ini. Pada halaman ini kami tampilkan para kepala sekolah yang pernah memimpin SMK Negeri 2 Pekanbaru.

Program Study

Program Study Keahlian dan Kompetensi Keahlian yang ada di SMK Negeri 2 Pekanbaru adalah :
1. Program Study Keahlian T. Mesin.
Kompetensi Keahlian :Teknik Pemesinan
2. Program Study Teknik Las dan Fabrikasi.
Kompetensi keahlian : Teknik Las
3. Program Study Keahlian Teknik Bangunan
Kompetensi Keahlian:
Teknik  Gambar Bangunan
Teknik Konstruksi  Bangunan
4. Program Study Keahlian Teknik Survai Dan Pemetaan
Kompetensi Keahlian : T. Survey Pemetaan
5. Program Study Keahlian Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian:
T. Kendaraan Ringan
T. Sepeda Motor
6. Program Study Keahlian Teknik  Listrik
Kompetensi Keahlian:
T. Listrik Instalasi
T. Distribusi Listrik
7. Program Study Keahlian Teknik Elektronika
Kompetensi Keahlian:
T. Elektronika Industri
T. Audio Video

8. Program Study Keahlian Teknik Kimia
Kompetensi Keahlian : T. Kimia Industri
9. Program Study Keahlian Teknologi Informasi Dan Komunikasi
Kompetensi Keahlian:
T. Komputer Dan Jaringan
T. Rekayasa Perangkat Lunak
Visi SMK Negeri  2 Pekanbaru
“Terwujudnya SMK Negeri  2 Pekanbaru sebagai pusat pendidikan dan pelatihan teknologi yang berkualitas Internasional
Misi SMK Negeri  2 Pekanbaru
Menghasilkan tamatan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, menguasai teknologi, terserap di dunia Usaha secara global, mandiri dan mampu bersaing untuk kejenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Meningkatkan kemitraan dengan Dunia usaha/Industri atau Lembaga Pendidikan dalam  dan Luar Negeri
Mengembangkan kurikulum sesuai dengan standar nasional dan mengacu kepada kurikulum dari Negara-negara OECD atau Negara Maju lainnya.
Membudayakan pendidikan berwawasan Enterpreneur/ kewirausahaan.
Menerapkan pendidikan berwawasan Lingkungan.
Meningkatkan profesionalme tenaga edukatif dan non edukatif.
Peningkatan berkelanjutan dalam system manajemen mutu.

MOTTO SMK Negeri  2 Pekanbaru

“DISIPLIN Kunci Keberhasilan”.(rgc/Ric)


Related Posts

No comments: